Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian Yang Baik Dan Benar

Contoh latar belakang proposal bisa anda jadikan sebagai salah satu contoh dalam membuat proposal yang akan anda buat. Dalam membuat latar belakang masalah dalam penelitian akan mudah dilakukan jika anda bisa memahami apa yang akan menjadi masalah yang akan dihadapi. Jika anda tidak memahami apa yang menjadi masalah kemungkinan anda tidak akan mampu menyusun latar belakang masalah penelitian tersebut. Seperti yang tertulis pada teori filsafat ilmu bahwa tidak ada masalah, berarti tidak ada ilmu pengetahuan. suatu masalah akan menjadi titik tumpu pemikiran anda dalam menyusun proposal penelitian. Jika anda bisa menyelesaikan hasil penelitian anda maka anda tidak akan mengalami kesulitan.

Dalam menyusun latar belakang masalah yang pertama harus anda pikirkan dan anda lakukan adalah bagaimana melakukan pembuktian terhadap apa yang disebut sebagai masalah. Pembuktian di sini yang artinya adalah pembuktian ilmiahi. Untuk dapat memperoleh pembuktian ilmiah pada saat mampu dilihat, dirasa, dipikirkan, dikecap dan didengar. Jika hal tersebut tidak mampu dibuktikan maka hal itu tidak dapat disebut sebagai masalah ilmiah. Dalam membuat latar belakang sebuah proposal anda harus ketahui hal-hal berikut ini :

  1. Masalah itu adanya pertentangan atau perbedaan : masalah ilmiah terjadi karena adanya perbedaan atau perentangan antara teori dengan praktek. Berbeda atau bertentangan antara yang seharusnya dengan realitas nyata yang ada di lapangan. Dalam menyusun latar belakang anda harus berfokus dalam masalah tersebut.
  2. Membuat proposal penelitian bukan berangkat dari judul : jika anda ingin mendapat kemudahan dalam membuat latar belakang masalah anda harus mencari apa yang disebut dengan masalah bukan dilihat dari judul proposal tersebut. Karena judul tersebut bisa saja berubah saat penelitian itu selesai disusun.

Jadi latar belakang masalah itu merupakan suatu informasi yang harus tersusun secara sistematis. Sehingga anda bisa melihat https://www.ruangguru.co.id/ yang sudah tersusun secara sistematis dengan harus memperhatikan hal-hal yang dijelaskan di atas. Dalam menyusun proposal yang baik dan benar harus juga mudah dibaca dan dipahami oleh pembacanya.