Kegunaan Tali Manila

Jenis tali Manila atau seringkali disebut sebagai Tali abaca mempunyai karakteristik yang dapat menyerap air serta tidak mempunyai nilai breaking load yang cukup besar. Pada masing-masing tali mempunyai karakteristik yang tidak sama, sehingga Anda harus menyesuaikan antara jenis tali dengan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan.

Kebanyakan dari tali abaca digunakan pada aplikasi atau kegiatan yang tidak terlalu berat. Misalnya seperti pembuatan tangga kapal, aplikasi lesting, ataupun yang lainnya. Meskipun tidak bisa digunakan pada aktivitas yang terlalu berat, namun tali abaca ini mampu bertahan pada  air laut dengan kadar garam yang sangat tinggi.

Di dalam dunia industri, ternyata juga sudah banyak yang menggunakan tali abaca sebagai alat bantu pada kargo, perkapalan, perikanan, serta logging. Tali yang berwarna coklat ini terbuat dari serat tanaman alami yaitu dari serat pohon abaca. Sebagian besar dari masyarakat juga menganggap tali abaca ini sebagai tali tambang, karena saat lomba 17 Agustusan tali Manila ini banyak digunakan untuk lomba tarik tambang.

Kegunaan Tali Manila

Berbicara mengenai kegunaan dari tali Manila ada banyak sekali kegiatan atau aplikasi yang bisa menggunakan jenis tali ini. Sehingga tali abaca tidak hanya bisa digunakan pada lomba 17 agustus-an saja, akan tetapi banyak kegunaan lain. Diantaranya seperti berikut ini:

  1. Sebagai Alat Bantu

Tali abaca digunakan sebagai alat bantu pada beberapa bidang, termasuk pada bidang cargo, untuk kebutuhan perlombaan, kebutuhan rumah tangga, dalam dunia perikanan, industri perkapalan maupun logging. Dengan penggunaan tali abaca inilah maka segala kegiatan dapat berjalan dengan baik.

  1. Sebagai Aplikasi Ringan

Selain dijadikan sebagai alat bantu, ternyata tali abaca juga mempunyai kegunaan sebagai aplikasi yang ringan. Misalnya saja seperti pembuatan jala-jala, untuk lasting, serta untuk alat tambahan yang digunakan untuk pembuatan tangga. Jenis tali yang terbuat dari tanaman alami ini sangat tidak cocok apabila digunakan pada aplikasi atau aktivitas yang berat. Misalnya seperti towing atau lifting.

Alasannya yaitu karena jenis tali ini mempunyai nilai breaking load yang sangat kecil. Sehingga untuk menjaga keamanan para penggunanya tidak disarankan apabila melakukan aplikasi atau aktivitas berat menggunakan tali abaca.

Penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa besar fungsi dari tali abaca secara mendetail dan secara lengkap. Tujuannya yaitu supaya Anda tidak salah dalam penggunaan tali. Mengingat bahwa masing-masing dari tali mempunyai karakteristik yang tidak sama dan kegunaan yang berbeda.